Visi
“Terwujudnya layanan pendidikan yang optimal, berkarakter, berbudaya, dan berwawasan lingkungan”.
Idikator Visinya adalah:
- Terwujudnya lulusan yang beriman, bertaqwa dan berprestasi baik akademik dan non akademik,
- Terciptanya suasana dan lingkungan sekolah yang aman, kondusif dan layanan optimal,
- Terciptanya budaya sekolah yang menjungjung tinggi kearifan budaya lokal, regional dan nasional,
- Terwujudnya ketertiban keluarga dalam kegiatan-kegiatan sekolah.
Misi
Berdasarkan visi yang telah dirumuskan, untuk mewujudkannya diperlukan suatu misi berupa kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan. Adapun Misi yang dirumuskan berdasar visi adalah sebagai berikut.
- Menciptakan profil pelajar yang berakhlak mulia dan rajin beribadah.
- Menciptakan pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan berkarakter yang mampu memfasilitasi peserta didik sesuai bakat dan
- Meningkatkan manajemen satuan pendidikan yang adaftif, berkarakter, dan menjamin
- Menciptakan lingkungan sekolah sebagai tempat perkembangan intelektual, sosial, emosional, ketrampilan, dan pengembangan budaya lokal dalam kebhinekaan
- Menciptakan profil pelajar yang berakhak mulia, mandiri, bernalar kritis dan kreatif sehingga mampu mengreasikan ide dan keterampilan yang
- Menjamin hak belajar setiap peserta didik tanpa terkecuali termasuk peserta didik yang berkebutuhan khusus (inklusi) dalam proses pembelajaran yang menjunjung tinggi nilai gotong-royong.
- Menciptakan partisipasi aktif orang tua dan masyarakat dalam keberagaman yang mewadahi kreatifitas peserta didik yang berjiwa.
Tujuan Sekolah
Tujuan yang ingin dicapai SMP Negeri Satap 5 Kintamani sebagai bentuk untuk mewujudkan visi sekolah yang tealah ditetapkan adalah sebagai berikut:
- Tujuan Jangka Pendek (1 tahun)
- Membentuk peserta didik yang beriman dan berakhlak
- Mendorong peserta didik untuk mampu mengreasikan ide yang dituangkan dalam tulisan atau tindakan yang berakar pada budaya
- Menyelenggarakan proses pembelajaran yang memacu peserta didik bernalar kritis, kreatif dan inovatif dalam mengembangkan ide dan
- Mengoptimalkan sarana prasarana satuan pendidikan yang menunjang peseta didik dalam mengreasikan ide/gagasan yang berakar pada nilai budaya
- Menciptakan peserta didik yang mampu bernalar kritis dalam pelaksanaan kegiatan berbasis projek yang menegedepankan jiwa kegotong-royongan
- Tujuan Jangka Panjang (4 tahun )
- Merancang pembelajaran yang mengedepankan ciri khas sekolah dan daerah dalam nuansa kebhinekaan global yang harmonis;
- Membentuk peserta didik yang memiliki kemampuan daya saing, berkarakter, berprestasi dan memiliki pribadi yang beriman, rajin dan taat beribadah serta saling menghargai perbedaan dan mencintai lingkungan dan bangsanya;
- Menghasilkan lulusan yang mampu mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila dalam kehidupan nyata
- Menjadi pemimpin bagi diri dan temannya untuk menjadi pribadi yang bernalar kritis, tangguh, percaya diri dan bangga dalam kegotong - royongan;
- Menguasai kecakapan dalam berkomunikasi sosial dan berjiwa kompetitif, kreatif dan mandiri yang tetap menjunjung budaya loka;
- Mempunyai life skill yang mampu beradaptasi dengan perekembangan zaman;
- Mampu mengkreasikan ide/ gagasan yang dituangkan dalam tindakan atau karya yang berakar dari budaya lokal dalam kebhinekaan global;
- Mempunyai karakter yang sopan, santun dan mandiri, kreatif yang mampu bersaing sesuai perkembangan;
- Menjadikan sekolah sebagai tempat untuk mengembangkan proses perkembangan intelektual, emosional, sosial, keterampilan dan tumbuh kembang peserta didik sesuai tingkat kemampuan dan kondisi masing masing peserta didik yang mengedepankan nilai gotong;
- Menjadikan masyarakat dan orang tua sebagai mitra bersama dalam menjalankan penyelenggaraan pendidikan